Sunatan

Posted: 28 April 2021 in Pengalaman
Tag:, ,

Saya disunat pada masa liburan kenaikan kelas dari kelas 5 ke kelas 6. Cerita tentang proses sunat alias khitan saya itu cukup unik buat saya pribadi, karena sebenarnya saya dan keluarga saya tidak merencanakan bahwa saya akan disunat pada waktu itu. Awalnya pada waktu kenaikan kelas itu saya masuk ranking 3 besar di kelas, saya lupa ranking berapa, yang pasti bukan ranking 1, karena sepanjang karir sekolah saya itu belum pernah saya dapat ranking nomor 1.

Habis penerimaan raport dan pengumuman ranking, saya minta hadiah bisa ikut rekreasi sekolah. Waktu itu rekreasi sekolah memang diperuntukkan buat kelas 6 saja sebenernya, tapi anak-anak kelas 5 boleh ikut dengan mendaftar dan membayar iuran sebesar 15 ribu rupiah. Saya ingat hanya beberapa saja anak kelas 5 yang ikut, termasuk saya. Dan pas mendaftar, saya nggak ngasih tau orang tua kalo saya mau ikut rekreasi. Saya mendaftar dengan uang tabungan saya sendiri.

Sebenarnya orang tua saya sudah menyetujui dan saya tinggal berangkat saja di hari H. Tapi pagi hari jelang berangkat, orang tua saya berubah pikiran, karena waktu itu nenek saya cerita bermimpi kalo beliau punya 2 anak ayam dan yang satunya hilang. Karena itulah nenek saya takut kalo terjadi sesuatu dengan saya pada saat rekreasi, dan akhirnya saya dilarang ikut. Saya ya jelas nangis dong, orang rekreasi tinggal berangkat doang eh malah dilarang. Jadinya saya batal ikut rekreasi karena takhayul.

Kira-kira beberapa hari kemudian saya dipanggil guru saya ke kantor buat menjelaskan kronologi gimana saya nggak jadi ikut rekreasi. Tentu saja saya agak bingung menjelaskan, bahwa saya batal ikut rekreasi karena mimpi nenek saya, tapi ya udah saya ceritakan yang sebenar-benarnya tanpa saya tambahi dan kurangi. Akhirnya uang yang telah saya bayarkan buat ikut rekreasi dikembalikan separuhnya, lumayan!

Karena nggak dapat izin ikut rekreasi, saya minta hal lain buat ngegantiin. Kebetulan waktu itu ada acara yang kalo zaman sekarang semacam meet and greet gitu. Dan artisnya adalah, coba tebak siapa, yak betul banget, Ksatria Baja Hitam! Beneran ini, Ksatria Baja Hitam, datang bikin pertunjukan dan jumpa fans di Surabaya. Sebagai fans beratnya saya udah pasti mendamba buat bisa nonton langsung dong! Dan itulah yang saya minta buat pengganti rekreasi yang gagal tadi.

Tapi kendalanya adalah ongkosnya mahal, lupa waktu itu biayanya berapa buat tiket masuk nontonnya. Belum biaya perjalanan dari Kediri ke Surabayanya juga. Akhirnya nggak jadi lah nonton Ksatria Baja Hitam. Tapi saya masih boleh minta hadiah yang lain untungnya, meskipun mungkin orang tua saya cemas, permintaan aneh apa lagi yang bakal saya utarakan. Akhirnya saya minta dibeliin robot-robotan. Beberapa waktu sebelumnya pas ke toko swalayan saya lihat action figure sebenernya, tapi karena saya nggak tau namanya apa itu akhirnya saya bilang aja robot-robotan. Action figure Saint Seiya bagus banget, dan saya pengen.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, terus cerita sunatnya mana, dari tadi cerita soal rekreasi, Ksatria Baja Hitam, terus robot-robotan, padahal dari atas premisnya udah soal sunat. Jadi mungkin sekitar seminggu setelah liburan panjang kenaikan kelas, tiba-tiba saya kepikiran tentang gimana kalo saya sunat aja. Awalnya nggak kepikiran banget itu, soalnya emang belum pengen aja. Sekelas saya di sekolah itu yang saya tau udah sunat baru 1 orang. Tapi nggak tau kenapa, tekad saya waktu itu udah pengen aja sunat, sekalian lah sekali seumur hidup sekarang aja gitu kali. Akhirnya saya menyampaikan permintaan saya tadi ke orang tua saya tentang sunat itu.

Hanya saja waktu itu saya minta kalo sunatnya nggak usah rame-rame, cukup keluarga dekat aja yang dikasih tau. Setelah semua pihak menyetujui maka hari dan tanggal eksekusi saya ditetapkan. Kalo nggak salah waktu itu harinya Rabu, pokoknya seingat saya di tengah-tengah minggu gitu. Soalnya di hari Minggu sebelumnya orang tua saya keliling tuh, ke kerabat-kerabat ngasih tau kalo saya mau sunat. Kerabat saya pada kaget dong mendadak gitu, padahal mereka juga nggak tau kalo saya juga kaget bisa gitu.

Tepat di hari H saya diantar Bapak dan seorang keluarga, saya lupa siapa, ke mantri langganan buat sunat. Langganan di sini kalo sakit saya biasanya ke situ ya, bukan langganan sunat, kan cuma sekali. Nggak ada perayaan apa-apa di rumah. Yang datang berkunjung juga cuma kerabat-kerabat sama beberapa tetangga. Teman-teman sekolah saya juga nggak ada yang dikasih tau, baru sekitar 2 minggu setelahnya saya kabarin teman dekat saya.

Waktu itu kan sunat masih pake cara manual ya, belum musim pake laser atau alis clamp gitu, jadi lukanya masih agak lama sembuhnya. Kalo nggak salah saya sampe 7 hari baru kering lukanya.

Nah, gitu ceritanya sunat saya dulu. Ceritanya tentang sunatnya dikit ya, cuma akhir-akhir aja, tapi rangkaian dari awal panjang bener. Ya soalnya emang gitu sih, ada rangkaian-rangkaiannya gitu biar nyambung.

Tinggalkan komentar