Judul Lagu Itu

Posted: 25 Februari 2018 in Pengalaman
Tag:, ,

Beberapa hari belakangan entah kenapa saya tertarik buat nyari lagu-lagu lawas, sekitar tahun ’80 atau ’90-an gitu. Dikarenakan meskipun waktu itu saya masih kecil, tapi saya udah lumayan melek musik. Walaupun waktu itu dunia musik anak-anak di Indonesia masih sangat rame, tapi di rumah saya dikelilingi dengan album-album dari Anggun C. Sasmi, Trio Libels, sampe Evie Tamala, dan album-album lain.

Maklumlah, orangtua saya suka beli kaset-kaset lagu yang lagi ngetren waktu itu. Selain itu, tayangan musik di televisi jaman itu lumayan banyak, walaupun nggak ada MTV, adanya cuma TVRI. Sebut saja acara legendaris Aneka Ria Safari, Album Minggu, Selecta Pop, sampe yang buat anak-anak, Aneka Ria Anak-Anak Safari. Belum lagi radio juga jadi andalan buat bikin rame rumah kalo pagi atau siang, maklum aja waktu itu kan TVRI cuma tayang sore sampe malam aja.

Dan mumpung lagi suka nyari lagu lawas, saya jadi mengingat-ingat lagu apa aja ya yang pernah saya dengerin dan saya tonton. Lumayan banyak sih, dan kebanyakan saya nggak tau judulnya. Cuma inget penyanyinya siapa sama potongan liriknya kaya gimana.

Lagu yang buat saya jadi salah satu prioritas buat dicari juga ada. Lagu ini saya pernah tonton beberapa kali di televisi, musik dan nadanya masih terngiang-ngiang sampe saat ini. Cuma saya nggak tau liriknya gimana, apalagi judulnya. Yang saya tau seingat saya itu lagunya Itje Trisnawati.

Berbekal informasi seadanya ini, saya mulai mencari dimulai dari Youtube. Nggak ketemu, mungkin karena kata kuncinya juga kurang spesifik. Lewat Google, juga kurang efektif. Tapi sebelum nyerah, saya memasukkan kata kunci pencarian yang menurut saya itu bagian dari lirik lagu tersebut. Dan ketemulah salah satu lagu dari Itje Trisnawati, judulnya ‘Aduh Aduh Cinta’.

Saya coba buktikan di Youtube lagu tersebut, ternyata bener! Nada dan musiknya bener-bener sama dengan yang selama ini terngiang-ngiang di pikiran saya selama ini. Cuma sayangnya saya nggak nemu video klipnya, padahal seingat saya video klipnya dulu bagus. Tapi nggak masalah, yang penting saya udah tau judulnya.

Penasaran, saya coba cari info tahun berapa lagu itu dirilis. Kalo nggak salah berdasarkan info yang saya dapat, lagu tersebut rilis taun 1988. Gokil, udah 30 tahunan, saya terngiang-ngiang sama lagu itu, dan saya nggak pernah tau judulnya!

Tapi ngomongin soal video klip, musik dulu sama sekarang emang beda ya. Sekarang video klip dari sebuah lagu digarap dengan beneran, serius, udah kaya film-film gitu. Kalo diliat lagu-lagu lawas, video klipnya ada tuh yang cuplikan dari penampilan di sebuah acara, di Aneka Ria Safari misal, terus digabungin sama penampilan di acara-acara lain.

Bahkan seingat saya ada juga yang lagu kalo ditampilin di televisi yang berbeda, video klipnya juga beda. Saya ingat waktu itu di TVRI sama TPI, masing-masing stasiun televisi kaya semacam bikin video klip sendiri-sendiri, nggak kompak gitu. Padahal lagunya sama.

Tapi terlepas dari video klip jaman dulu, lagu-lagu lawas yang saya cari ini masih enak didengar sekarang ini. Meskipun ada yang pake aransemen-aransemen khas jaman dulu, sama kata-kata yang masih baku dan terkesan sopan, tapi tentu aja lagu-lagu lawas masih punya tempat di hati orang-orang yang pernah melewati tahun-tahun itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s