Cerita tentang Film

Posted: 22 April 2015 in Pemikiran
Tag:, ,

Cerita film yang menurutku bikin kesan nggak banget di akhir cerita adalah film yang kisah akhirnya jagoannya kalah, tapi dia nggak mati. Pernah nonton nggak film yang model kaya gini? Seenggaknya ada dua film yang pernah aku tonton, dan akhirnya kaya gitu.

Yang pertama adalah Legionnaire, yang pemeran utamanya adalah Jean Claude van Damme. Ceritanya dia jadi anggota prajurit bayaran, dan di akhir cerita pasukannya kalah, kalo nggak salah semua anggota pasukannya mati, kecuali dia seorang. PHP banget!

Yang kedua adalah The Last Samurai, aktornya Tom Cruise. Waktu itu ada perang antara para samurai dan tentara kekaisaran. Dan pasukan samurai ternyata kalah. Semua prajuritnya terbunuh, kecuali satu orang. Bisa ditebak kan, satu orang ini udah pasti bukan Jean Claude van Damme, tapi Tom Cruise.

Ini kalo yang tinggal satu orang itu Steven Seagal, mungkin ceritanya bakal lain. Kita bisa liat di film-filmnya, berapapun jumlah musuhnya, si Steven Seagal ini pasti menang. Ceritanya emang jadi membosankan, tapi seenggaknya akhirannya beda sama dua film di atas.

Maksudnya itu gini, kenapa gitu ceritanya harus menyisakan satu orang. Ini kan perang, dan harusnya kalo perang, ya udah habisin sekalian pasukannya. Kalopun nggak habis, seenggaknya nyisain sepuluh orang gitu. Ini tinggal satu, nanggung banget. Apalagi yang tersisa itu aktor utamanya.

Mungkin film yang cerita akhirnya musuhnya yang menang itu bikin nyesek ya, tapi itu masih lebih baik dan lebih jelas, ketimbang musuhnya yang menang tapi nyisain satu orang. Soalnya fungsi satu orang ini jadi nggak jelas sesudah perang itu, dia tar jadi pahlawan atau tawanan.

Lain lagi kalo satu orang ini ternyata melarikan diri dari medan perang karena semua temannya udah mati. Kan bisa aja musuhnya udah nggak ngerasa ada yang tersisa, atau penontonnya nggak merasa ada teori konspirasi yang menaungi film ini. Iya kan, karena gara-gara sisa satu orang, orang ini bisa dituduh bersekongkol sama musuhnya.

Tapi di luar sebab-sebab yang nggak penting tadi, itulah yang aku rasakan setelah nonton Legionnaire. Dulu aku nonton pertama kali bareng teman-teman sekolahku, di sebuah persewaan VCD, yang untuk nonton itu kami harus nunggu satu setengah jam karena bilik nontonnya masih penuh. Begitu nonton, abis itu kita rasanya ‘Yah, gitu doang…’, kecewa banget. Coba kalo kedua film tadi digabung, yang tersisa bukan satu orang, tapi dua orang, van Damme sama Tom Cruise. Mereka masih hidup, jadi bisa minta bantuan Steven Seagal gitu.

Komentar
  1. jtxmisc mengatakan:

    keren mas😀 , mantap mas infonya ini, jadi bisa lebih mengetahui tentang dunia ini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s