Sepakbola di Televisi

Posted: 9 Desember 2013 in Pengalaman
Tag:, ,

sepakbola liga championsMenyenangkan itu adalah saat bisa nonton pertandingannya Milan dan Chelsea di televisi dalam satu malam, dan masing-masing sama- sama menang atas lawannya masing-masing. Itu terjadi pas hari Ahad kemaren, tanggal 1. Waktu itu Milan melawan Catania di Liga Italia dan Chelsea melawan Southampton di Liga Inggris, dan keduanya sama-sama menang dengan skor 3 – 1. Pertandingannya Milan tayang agak sore. Awalnya Milan ketinggalan satu gol, tapi akhirnya bisa membalas dengan tiga gol. Terus malamnya tayang pertandingannya Chelsea. Awalnya Chelsea juga ketinggalan satu gol. Pas ketinggalan itu pikiran usilku muncul, jangan-jangan tar Chelsea juga bisa bikin tiga gol, sama kaya Milan tadi. Dan ternyata beneran terjadi, Chelsea bisa membalas tiga gol!

Liga Italia dan Liga Inggris adalah dua liga Eropa pertama yang aku ikuti di televisi. Awalnya dulu tiviku hanya bisa menangkap dua stasiun televisi, yaitu TVRI yang tayang sore sampai malam, dan stasiun tivi yang sekarang udah nggak ada, yaitu TPI, tayangnya pagi sampai siang. Terus di tahun 1995 di rumah pasang antena parabola, sehingga akhirnya semua stasiun televisi swasta di Indonesia waktu itu bisa siaran di rumah. Dan pilihan acara pun jadi banyak. Dulu sih masih banyak acara bermutu disiarin di tivi, nggak kayak sekarang. Sekarang ini beli smart TV jadi percuma, karena kebanyakan acara tivinya nggak smart.

Waktu itu Liga Italia disiarin di RCTI, sedangkan Liga Inggris di SCTV. Aku lebih sering nonton Liga Italia, karena selain sejak Piala Dunia 1994 aku menggemari tim nasional Italia, juga karena Liga Italia sering siaran lebih sore, sekitar jam delapan kadang udah ada tayangannya. Sedangkan Liga Inggris seringnya lebih dari jam sembilan malam tayangnya. Sedangkan waktu itu aku nggak biasa melek sampai lebih dari jam sembilan.

Sebabnya pertama aku adalah anak sekolahan, yang biar nggak bangun kesiangan karena paginya sekolah, kebiasaannya adalah sebelum jam sembilan aku udah tidur. Meskipun sebenarnya tayangan liga-liga ini biasanya berlangsung pas hari Sabtu atau Ahad. Yang kedua melewati jam sembilan malam tanpa ngantuk itu adalah luar biasa bagiku. Dan yang ketiga, faktor kebiasaan juga, sebelumnya kan di tivi hanya ada siaran TVRI aja di malam hari. Dan pas jam sembilan malam itu siarannya Dunia dalam Berita, yang isinya berita-berita yang bagiku membosankan, kecuali bagian prakiraan cuacanya karena itu berarti acaranya mau selesai. Nah karena kebiasaan acara membosankan ini maka mending tidur aja.

Tapi sebenarnya menurutku nonton Liga Inggris itu lebih menarik, karena permainannya yang cepat, pertandingan jadi seru, dan yang utama adalah di stadion hampir nggak ada jarak penonton dengan lapangan, sehingga atmosfer pertandingannya lebih kerasa karena riuhnya sorak sorai penonton lebih terdengar dan terlihat. Sedangkan di Italia kebanyakan stadionnya ada lintasan atletiknya, sehingga ada jarak dengan lapangan. Kalopun nggak, ada pagar pembatas antara penonton dan lapangan. Hal ini sebenarnya berdasar pada peraturan masing-masing federasi sepakbola agar pertandingan juga berjalan baik dan nggak ada gangguan penonton yang masuk ke lapangan selama pertandingan berlangsung.

Tentu saja masing-masing liga itu nggak bisa dibanding-bandingkan satu sama lain, soalnya masing-masing juga punya keunggulan dan kekurangannya, termasuk liga-liga yang nggak disiarin di tivi kita. Tapi pasti ada hal yang bisa diambil dari tayangan-tayangan ini selain sebagai hiburan para penggemar sepakbola, terutama untuk kemajuan sepakbola di negara kita ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari situ, baik yang sifatnya teknis terutama dari permainan sepakbolanya, ataupun yang bersifat non teknis seperti perencanaan dan pengaturan aspek-aspek pendukungnya. Ya siapa tau suatu saat salah satu juara Liga Indonesia bisa main di Liga Serie A Italia gitu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s