Domain dan Hosting

Posted: 6 Desember 2013 in Pengalaman
Tag:, ,

domainSampai sekarang aku masih kerasan pake blog yang sub-domain, alias numpang di domain blog. Tapi tetap aja memperhatikan bahwa sub-domain kaya gini rentan resiko, kalo misalnya tiba-tiba domain induknya mengumumkan bahwa domainnya akan ditutup bulan depan, maka aku jadi repot back-up data dan akhirnya blogku yang aku bangun dan tata bertahun-tahun hilang dengan tragisnya. Dan itu udah aku alami, saat blog indukku di domain multiply.com sekarang lenyap, seiring dengan layanan blognya yang ditiadakan.

Bukannya aku anti atau nggak mau punya blog yang berdomain dan hosting sendiri. Aku udah pernah bikin di hosting gratisan dengan domain berbayar. Dan hasilnya, blogku kena ‘giliran’ dibajak orang, tiap masuk ke blog ini tau-tau aku masuk ke sebuah situs berbahasa dan bertulisan Arab. Nggak tau itu karena aku pake hosting gratisan jadi gampang dibajak, atau karena semua situs yang self-hosting emang gampang dibajak.

Dari pengalaman itu, cari sub-domain itu jadi harus lebih berhati-hati. Pake domain yang udah terkenal dan besar di dunia internet jadi pilihan utama, biar kita nggak merana karena domainnya gulung tikar. Ada banyak domain penyedia jasa blog gratis besar yang udah ternama sehingga banyak pilihan. Tapi di sisi lain, bikin lebih dari satu blog di domain yang berbeda bisa jadi pilihan, agar kalo salah satu domainnya gugur, ada yang lain sebagai tempat curahan back-up.

Domain dan hosting sendiri, tetap jadi harapan suatu hari kelak. Punya domain yang nggak lagi numpang, itu sebuah kebanggaan tersendiri dan jadi nilai keseriusan juga dalam dunia internet. Tentunya itu juga harus diikuti dengan keaktifan mengupdate blog biar tulisan-tulisannya nggak ketinggalan jaman dan tetap terkini. Dan ada banyak fasilitas dan fitur yang bisa dimanfaatkan dari masing-masing penyedia hosting dan domain untuk isi blog kita sendiri.

Komentar
  1. Samsir Alam berkata:

    Sama saya pun punya niatan ingin memilki self-hosting untuk blog pribadi saja

    • chuin5 berkata:

      Iya, apalagi kalo tar pake software WordPress yang buat hostingnya, kalo udah familiar sama wordpress.com pasti lebih gampang, apalagi plugins-nya juga banyak 🙂

Tinggalkan Balasan

