Asal Mula Angka 5 di chuin5

Posted: 28 November 2013 in Pengalaman
Tag:, ,

Mungkin ada yang belum tahu kenapa blog ini diberi nama chuin5 dan kenapa angka 5 yang dipakai sebagai namanya. Sebenernya dulu udah pernah sih aku bikin penjelasannya, tapi karena terlalu lamanya posting tulisan itu sehingga mungkin ada yang belum tahu. Jadi gini ceritanya, menurutku angka 5 itu adalah angka yang sempurna. Bukti kalo angka 5 adalah angka yang sempurna adalah sampai sekarang nggak ada revisinya. Bisa aja kan misalnya para ahli alfabetikal itu menganggap bahwa angka 5 itu kurang unyu, sehingga perlu diganti bentuknya jadi lebih imut lagi. Atau penyebutan kata ‘lima’ untuk memanggil abjad 5 itu kurang keren dan ketinggalan jaman, sehingga diganti menjadi ‘limbad’. Tapi kan nggak, sekarang kan yang namanya 5 itu bentuknya ya gitu-gitu aja, penyebutannya juga tetap ‘lima’. Jadi angka 5 itu bisa disebut udah sempurna.

Lagian sebenarnya penyebutan ‘lima’ itu juga unik. Coba aja yang lain, disebutnya ‘satu’, ‘dua’, ‘tiga’, gitu. Tapi yang ini, bentuknya 5, nyebutnya ‘lima’. Menurut Fico Fahriza (@ficocacola), jangan-jangan penyebutan ‘lima’ itu ketukar dengan penyebutan ‘empat’. Soalnya ‘empat’ kan jumlah hurufnya ada 5, sedangkan ‘lima’ jumlah hurufnya ada 4.

Sebenarnya alasan di atas itu termasuk alasan yang ngaco, tapi nggak apa-apa lah disebutin di sini, sebagai pembuka tulisan ini. Jadi kenapa aku memilih angka 5 itu karena banyak faktor. Liat aja, jari kita masing-masing tangannya jumlahnya 5, rukun Islam ada 5, dan kalo ada 5 orang ngumpul mereka bisa bikin lanang band atau wadon band (boyband girlband versi Jawa). Ngomongin tentang lanang band (lebih tepatnya disebut vokal grup aja), angka 5 ini juga ada hubungannya. Dulu pas format vokal grup lagi naik daun di sekitaran tahun 90an akhir, ada grup vokal bernama Five dari Inggris. Nah aku ngefans tuh dari pertama kemunculannya sampai sekarang. Jadi, karena Five itu artinya 5 (‘five’, jumlah hurufnya 4, tapi nyebutnya tetep 5), jadinya dipasang angka itu sejak dari blog pertamaku dulu sampai beberapa blog yang sekarang menjadi blog-blog indukku.

Udah gitu aja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s