Proporsi

Posted: 23 November 2013 in Pengalaman
Tag:, ,

proporsiSelama bertahun-tahun aku meyakini bahwa yang namanya mau menurunkan berat badan itu adalah pake sarapan pagi dan nggak makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur. Tapi pas baca yang namanya teori OCD yang didengungkan oleh Deddy Corbuzier, dalam hati aku bilang ini teori kampret macam apa, nggak mainstream banget. Mau bikin bantahan tapi aku ini apalah, bukan ahli gizi dan bukan ahli kesehatan. Dan karena aku pengen ngebuktiin bahwa ini adalah teori bualan dan biar orang-orang di sekitarku nggak terpengaruh, makanya aku baca dengan seksama dan coba teori itu. Dan ternyata berhasil! Bukan berhasil membendung ajaran itu buat orang-orang di sekitar, tapi berhasil turun berat badanku.

Kata banyak orang aku ini gemuk. Itu yang bikin aku heran, dari mana mereka tau ya, soalnya seingatku aku nggak pernah ngomong kalo aku itu gemuk. Sejak kecil aku tumbuh dengan berat badan di bawah normal, kurus banget. Saking kurusnya, waktu aku sampai ke tinggi badan 175 cm, dan berat badanku cuma 60 kg, sementara ada iklan susu yang bisa membuat berat badan naik, aku pengen coba. Tapi sampai sekarang pengen itu nggak kesampaian. Aku berada di berat idealku ya masih baru-baru ini aja, sekitar sepuluh tahunan lah. Seingatku sepuluh tahun yang lalu berat badanku masih di angka sekitar 64 kg.

Dulu berat badanku bisa meningkat karena setiap malam aku selalu dibuatkan susu sapi segar masak. Dan susu berkapasitas 1 literan itu harus aku minum dan aku habiskan sebelum tidur, nggak peduli bagaimanapun keadaanku, mau kenyang, mau lapar, mau sakit, mau sehat, harus diminum habis! Dan nggak seberapa lama, berat badanku meningkat dengan signifikan, sampai mencapai batas ideal.

Lalu bagaimana bisa berat badanku melebihi batas normal? Itu berawal dari tahun lalu, saat masa-masa mengerjakan akreditasi di kantor. Karena banyak dokumen yang harus diselesaikan, kerja kantor jadi dari pagi sampai malam, stres melanda, camilan pun jadi sasaran. Waktu itu aku punya prinsip makan selagi pengen dan ngemil selagi bisa. Jadi apapun masuk, sampai akhirnya tanpa terukur berat badanku naik. Batas maksimal yang aku capai adalah saat habis lebaran tahun ini, yaitu 85 kg.

Sekarang ini berat badanku 75 kg. Bagiku, dua tahun lalu ini adalah berat badan maksimal, tapi setahun terakhir inilah berat badan terendahku. Sekarang tinggal mempertahankan aja dalam berat yang sekarang ini. Soalnya dalam beberapa minggu terakhir ini berat badanku nggak lagi turun, sampai-sampai aku mikir mungkin ini berat kosong badanku, kalo dikumpulin tulang-tulang sama semua isi tubuhku tanpa ada makanan yang masuk. Tapi ya baguslah, bagiku ini masih berada di dalam rentang berat normalku.

Sekedar info, yang namanya diet itu sekarang disalahartikan. Aslinya arti diet itu adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Jadi semacam pengaturan porsi makanan gitu. Yang namanya diet itu tetap makan, tapi ada ukuran porsinya. Jadi kalo kamu nggak makan karena pengen kurus atau langsing, itu bukan diet, kita bilang aja kalo kamu nggak doyan makan!

Komentar
  1. Dyah Sujiati berkata:

    Hahaha!
    Pengen coba juga nih.
    Berdasar teori paling sederhana yang sy pahami tentang berat badan idealadalah —> bb = tinggi – 110
    Lha kalau berdasarkan rumus tersebut -yang sy tak paham tingkat akurasinya- bb sy kelebihan 3 s.d 5 kilo! Tergantung nimbang di mana.

    *eh kok jadi curcol sih?

    • chuin5 berkata:

      Hahaha…. Kalo nggak salah gini rumusnya: Berat badan normal = TB – 100 Kalo berat badan ideal = TB – (100 + 10% TB) Standar timbang badan yang tepat kalo nggak salah di pagi hari, setelah buang air besar, dan di timbangan yang sama 😀

Tinggalkan Balasan

