Generalisasi

Posted: 4 April 2013 in Pemikiran
Tag:, , , , , , , ,

generalisasiSuatu ketika, saat seorang cewek dikecewakan oleh seorang cowok, dia kemudian berkata, ‘Semua cowok itu sama saja, suka bikin sakit hati’. Betapa kalimat ini sangat-sangat berbau generalisasi. Bagaimana tidak, hanya karena seorang cowok di antara jutaan atau bahkan miliaran yang lain membuatnya kecewa dan sakit hati, dia sudah berani membuat kesimpulan dan vonis bahwa ‘semua cowok itu sama saja, suka bikin sakit hati’. Mungkin juga berlaku sebaliknya.

Hanya karena SEORANG, bukan DUA ORANG, bukan TIGA ORANG, bahkan bukan SEPULUH ORANG! Begitulah generalisasi, di mana mengesampingkan bagaimana yang lain, hanya karena sejumlah kecil ketidakwajaran, sejumlah besar kewajaran tidak terlihat. Mungkin kita sering melihat di berita, di mana ada sekelompok orang di sebuah daerah bersikap kasar atau kurang ramah. Tapi bukan berarti semua orang di daerah tersebut juga seperti itu. Atau karena sebuah peristiwa tidak mengenakkan di suatu tempat. Itu tidak menandakan bahwa tempat tersebut selalu membuat tidak enak.

Karena generalisasi itu tidak adil bagi sebagian orang, hanya karena sebagian yang lain. Mungkin seperti itulah mengapa ada orang-orang yang sangat percaya kepada hal-hal yang berbau takhayul. Padahal takhayul itu terjadi hanya karena suatu hal yang menimpa seseorang atau beberapa orang yang kurang beruntung, maka masyarakat menganggapnya sebagai sebuah tanda atau hal yang harus dihindari dan dijauhi.

Hanya karena seseorang yang menyakitinya, seseorang bisa menganggap orang-orang yang lain juga seperti itu. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tidak begitu? Kita tidak bisa menganggap bahwa orang-orang dari daerah ini begini, atau orang-orang yang bersekolah di tempat ini begitu, atau orang-orang yang lahir di bulan ini begini, atau pula orang-orang dengan ciri-ciri khusus itu begitu. Itu hanyalah generalisasi! Hal yang tidak adil bagi mereka yang tidak seperti anggapannya. Kalo seorang cewek tadi menganggap semua cowok selalu bikin sakit hati, bagaimanakah dengan bapaknya? Apakah dia melihat bahwa bapaknya juga seperti itu? Atau kalo seorang cowok bilang bahwa semua cewek itu suka bikin kesal, apakah dia melihat bagaimana baiknya ibunya?

Yang pasti memang generalisasi itu sifat yang sering melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita sering tidak sadar dengan melekatkan sebuah kondisi tertentu pada lingkungan atau hal tertentu yang bersifat mirip atau sama. Tentu saja setiap individu dari kita tidak bisa dibanding-bandingkan satu sama lainnya, tapi tetap saja setiap kita tidak bisa disama-samakan dengan masing-masing yang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s