Ketinggalan Teknologi

Posted: 5 Mei 2012 in Pengalaman
Tag:, , , ,

teknologi canggihIseng-iseng beli majalah komputer setelah lama banget nggak beli, apalagi ada bonus DVD-nya. Pas dibaca, waduh, entah aku yang ketinggalan banyak ataukah isi majalahnya yang sangat canggih, tulisannya banyak memuat artikel tentang hardware atau software versi terbaru. Banyak di antaranya adalah tips-tips yang berhubungan dengan OS Windows 7. Padahal aku aja masih sering pakai Windows XP, selain lebih ringan juga lebih stabil.

Mungkin emang aplikasi berbasis XP udah nggak banyak diulas karena dulu-dulunya pas XP berjaya artikel-artikel dan tips-tipsnya udah sering diterbitkan. Tapi tentu saja dengan penggunaan teknologi 10 tahun yang lalu dengan majalah yang beredar sekarang tidak bisa terikuti dengan baik. Mau ganti OS karena beli majalah? Rasanya terlalu banyak yang perlu dipertimbangkan lagi.

Demikian juga pas beli tabloid HP. Maksud hati pengen cari tips-tips tentang HPku yang sederhana dan tidak sombong, tapi apalah daya, isi tabloidnya seputar tips dan artikel Android, iPhone, Blackberry, atau HP-HP ber-OS lainnya. Ya mungkin sama kaya majalah komputer tadi, artikel-artikel dan tips-tips seputar HP-HP tanpa OS mungkin udah sering dimuat saat HP 3315 masih berharga lebih dari 500 ribuan. Mau ganti HP karena beli tabloid? Terlalu lebai untuk dilaksanakan.

Media cetak memang berasumsi bahwa teknologi terbaru adalah pokok bahasan yang lebih menarik di saat banyak orang masih belum terlalu bisa dan biasa menggunakannya. Karena itulah mereka akan selalu mengupdate tulisan-tulisan tentang teknologi terbaru. Sedangkan teknologi terlama, bukan lagi menjadi prioritas penerbitan tulisan, tidak peduli masih banyak orang yang menggunakannya.

Lalu kebutuhan apa yang didapat dari seorang dengan berbekal teknologi lama dari media-media cetak yang memuat teknologi baru? Sekedar mengikuti trend teknologi, atau memupuk harapan suatu saat bisa membeli barang-barang itu, ataukah tidak lebih dari lihat-lihat saja? Banyak faktor juga yang mempengaruhi, seperti aku tadi, pengen mencari artikel dan tips trik tentang penggunaan HP jadulku yang ternyata tidak ada. Yang menjadi berita hiburannya adalah makin lama harga sebuah barang elektronik atau gadget makin turun, yang mungkin suatu saat bisa terbeli. Tapi kemudian tersadar, di ‘suatu saat’ itu, saat barang itu terbeli, media tidak lagi memuat berita tentang barang ini. Akan ada barang baru lagi yang menjadi bahasan.

Ah, yang jelas membeli barang hanya karena ikut gaya hidup saja itu nggak penting banget, jika penggunaannya tidak semaksimal fiturnya. Kalo buat gaya-gayaan aja mending nggak usah beli, apalagi hanya karena beli majalah terus pengen beli. Ngikutin teknologi terbaru itu nggak akan ada habisnya, seperti mengejar ekor kereta api, saat tertangkap ekornya, kepalanya masih melaju jauh di depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s