Minesweeper

Posted: 1 Mei 2012 in Pengalaman
Tag:, ,

minesweeperSebelumnya Minesweeper adalah salah satu game bawaan Microsoft Windows yang paling tidak aku suka. Tidak sukanya bukan karena gamenya jelek, atau tampilannya standar, tapi karena aku nggak bisa cara mainnya. Game berbentuk kotak-kotak yang kalo diklik muncul angka-angkanya, lama kelamaan diklik muncul bomnya. Pikirku angka-angka itu adalah nilai yang harus dikumpulkan, tapi nyatanya di papan skor tidak menunjukkan nilai total dari angka yang udah terbuka.

Tapi tanpa sengaja aku masuk ke sebuah forum yang ngebahas cara mainnya Minesweeper. Ternyata sebenarnya cara mainnya sederhana, yang penting menghindari mengklik kotak yang berisi ranjau. Tapi strategi mainnya yang cukup menguras analisa. Prinsip dasarnya adalah membuat kotak imajiner berukuran 3 × 3 kotak. Di tengah kotak imajiner tersebut ada sebuah angka yang menunjukkan bahwa dalam kotak imajiner ini ada ranjau sejumlah angka yang ditunjukkan.

Misalnya membuat kotak imajiner yang berpusat di angka 1, berarti dalam kotak imajiner tersebut ada 1 kotak yang berisi ranjau. Nah, untuk mencari 1 kotak tersebut yang perlu kecermatan dan kehati-hatian. Jika kotak yang berisi ranjau ditemukan, maka kotak tersebut ditandai dengan bendera pakai klik kanan.

Setelah dapat tips itu, langsung deh aku coba main. Nggak mau lama-lama lagi membenci Minesweeper, dengan petunjuk tadi aku mulai main dari tingkat Beginner. Eh, ternyata mengasyikkan banget mainnya. Apalagi game ini berhubungan dengan angka-angka, yang perlu analisa lebih lanjut. Setelah berhasil 2 kali menang di tingkat Beginner yang harus menemukan 10 ranjau, coba di tingkat Intermediate yang harus menemukan 40 ranjau. Di sini juga udah berhasil 2 kali menang, jadi naik tingkat lagi ke Expert yang harus menemukan 99 ranjau. Di tingkat ini belum pernah menang sekalipun.

Jadi sebenarnya game bawaan OS Microsoft Windows itu bukan game yang biasa-biasa aja. Minesweeper juga nggak kalah menarik daripada Freecell, Heart, Solitaire, ataupun Pinball. Memainkannya juga melatih kepekaan terhadap angka-angka dan membutuhkan tingkat imajinasi serta analisa yang tinggi pula.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s