Sego Krawu

Posted: 25 Maret 2012 in Pengalaman
Tag:, , , , , , ,

nasi putihBiasanya di hari Ahad ibu memasak masakan yang jarang dimasak di hari-hari yang lain, entah itu sekedar sambel tumpang, gado-gado, ataupun siomay. Maklumlah, di hari Ahad itu (seringnya) semua ada di rumah, jadi masakannya pun dibuat spesial khusus hari itu. Namun ada satu makanan yang udah lama aku rindukan ada lagi di rumah pada hari Ahad itu, yaitu sego krawu.

Sego krawu yang aku kangenin ini biasanya diracik oleh Bu’ Wih. Bu’ Wih ini nenekku, yang udah wafat sekitar 17 tahun yang lalu. Dulu semasa masih kecil, pada hari Ahad ini sering banget dibuatkan sego krawu ini. Biasanya aku dan adikku setelah mandi pagi berjejer di kursi kecil di depan televisi nonton Si Unyil, sambil disuapi ibuku bergantian dengan sego krawu ini dari sebuah nampan lebar.meskipun rasanya mungkin biasa saja tapi terasa nikmat dan ngangenin.

Sego krawu ini sebenarnya adalah nasi putih biasa dengan dicampur parutan kelapa dan dicampur dengan garam. Jadi berasa nasi putih bercampur gurihnya kelapa dan sedikit asin dari garam. Dicampur dalam sebuah nampan yang nantinya langsung jadi piringnya. Masakan sederhana, tapi sukses menghidupkan kebersamaan di hari Ahad. Meskipun udah bertahun-tahun gak ngerasain lagi, tapi rasa sego krawu itu masih berbekas di lidahku sampai sekarang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s