Bila Kamu Tidak Malu, Berbuatlah Sesukamu

Posted: 2 Maret 2012 in Pemikiran
Tag:, , , ,

rada maluMemang susah menjadi orang yang super baik. Harus bisa menahan amarah, sabar, baik hati, tidak sombong, tidak pendendam, pemaaf, selalu mengalah, dan sifat-sifat positif lainnya. Sifat-sifat yang mungkin bagi beberapa orang terkesan ‘bukan sifat manusiawi’. Sedangkan untuk menjadi orang yang berkebalikan, mungkin memang lebih mudah, tinggal ngikutin aja arus nafsu negatif manusiawinya, jadi deh.

Sebenarnya tidak sulit bagi kita manusia menjadi orang super baik dengan menjalani sifat-sifat tersebut. Yang menjadi sulit adalah pada saat kita bertemu dengan sekelompok orang yang tidak mau mengerti dan tidak mau tahu tentang bagaimana pentingnya menjadi orang yang super baik. Bagi beberapa orang pula, saat sifat-sifat yang berlawanan tadi muncul, yang muncul adalah dalih tentang ‘sifat manusiawinya’, hal-hal tersebut adalah manusiawi, alamiah, manusia memiliki batas, dan lain sebagainya. Atau kalo gak gitu, bagi mereka sifat-sifat baik seperti itu hanya ada dalam kisah sinetron saja, seolah-olah hanya malaikat saja yang bisa menjadi super baik seperti itu. Padahal kalo diperhatikan, masih banyak juga orang yang memiliki sifat-sifat super baik seperti itu.

Secara fitrahnya, manusia didominasi dengan sifat baik. Hanya karena nafsu negatifnya, mungkin karena penasaran ataupun iri, manusia lebih sering menjalani sisi buruknya dalam kehidupan. Banyak orang yang nekad berbuat jahat, tapi sedikit sekali orang yang nekad berbuat baik. Kejahatan manusia pertama kali di dunia ini juga terjadi karena iri hati dan dendam pribadi.

Bagaikan sebuah kiasan, bagaimana Nohara Sinosuke, tokoh Jepang yang paling terkenal di dunia setelah Doraemon, pulang ke rumah tanpa memakai celananya karena malu celananya robek, sebuah sifat malu yang tidak pada tempatnya. Masa sekarang ini, banyak orang yang lebih malu untuk berbuat baik daripada malu untuk berbuat jahat. Jadi ingat sebuah hadits Rasulullah Muhammad SAW, ‘Bila kamu tidak malu, berbuatlah sesukamu’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s