No Pic = Hoax

Posted: 17 Februari 2012 in Pengalaman
Tag:, , , ,

no pic hoaxDalam beberapa posting blogku, ditemui beberapa komentar berupa ‘no pic = hoax’. Suatu hal yang wajar bagiku, mengingat apa yang ditulis dalam blog adalah cerita yang dialami penulisnya sendiri, yang mungkin bagi para pembacanya masih diragukan kebenarannya. Dan lagi mungkin para pembaca belum pernah bertemu dengan penulisnya sehingga mungkin kejujuran cerita penulis belum bisa dijamin.

Akan tetapi komentar seperti ini tidak sesuai dengan etika weblogging. Komentar seperti ini tidak seharusnya ditulis di blog, mengingat komentar tersebut dinilai meragukan penulisnya, sehingga perlu dihindari dalam kegiatan blogwalking. Bahkan untuk orang yang sudah benar-benar saling mengenal pun, sebaiknya ini juga tetap dihindari karena bisa berpengaruh bagi semua pembacanya.

Kalimat ini sering muncul di forum atau jejaring sosial. Hal ini cukup biasa di sana, mengingat forum atau jejaring sosial berbeda strukturnya dengan blog, yang tidak perlu bacaan panjang dan penjelasan rumit karena segmennya lebih luas. Terlebih lagi di situ mungkin bacaan panjang terasa membosankan bagi para pembacanya dan tidak lebih berharga daripada trit pendek tanpa inti.

Aku yakin bahwa selain para weblogger gemar menulis, mereka juga senang membaca, tentunya dengan topik yang menarik pembacanya. Sehingga komentar yang muncul bukanlah komentar yang merendahkan penulis maupun isi tulisannya. Kalaupun pembacanya tidak setuju dengan tulisan tersebut, para pembaca harusnya memberi komentar yang tidak bersifat menyerang, namun hal yang mengandung solusi, serta memberikan argumen yang lebih cerdas dan mendasar.

Bagaimanapun para weblogger juga masih membutuhkan para pembaca dan komentatornya, bahkan meskipun para penulis tersebut ikhlas berbagi demi kepuasan hatinya sendiri. Karena kalo mereka tidak membutuhkan pembacanya, bagi mereka lebih baik menulis di buku harian daripada di blog. Namun pembaca juga harusnya memahami bahwa bagi beberapa penulis tidak mudah membuat sebuah tulisan, tidak mudah menemukan ide, dan tidak mudah mengalirkan ide ke dalam sebuah tulisan. Kalo kemudian tulisan tersebut ‘dihabisi’ dengan kata-kata ‘no pic = hoax’, hilanglah kepercayaan kepada para penulis. Mungkin para penulis blog akan beralih kegiatan menjadi para pengunggah foto saja daripada membuat tulisan panjang.

Seni adalah apa yang terjadi dengan kreatifitas seseorang.

Komentar
  1. nuke mengatakan:

    Hehehe, benar juga… salam kenal. Kunjungi juga blog aku ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s