Salah Nama

Posted: 5 Februari 2012 in Pengalaman
Tag:, , , , ,

salah namaGak tau kenapa, entah apa karena namaku kurang umum dipakai, ataukah karena pengucapanku kurang bisa didengar oleh orang lain, seringkali aku mengalami yang namanya salah tulis nama. Karena keperluan tertentu, seringkali aku ditanyain nama. Kadang aku sebut nama depan saja, atau nama belakang saja, atau lengkap. Hasilnya ternyata banyak orang yang salah menuliskan namaku didasarkan dari pengucapanku.

Makanya aku lebih suka menyodorkan kartu identitas ataupun tulisanku sendiri ketimbang diminta mengucapkannya. Untungnya di beberapa acara yang aku ikuti, para panitianya menuliskan namaku di daftar peserta berdasarkan formulir yang aku tulis sendiri, sehingga daftar namanya tidak salah tulis. Pernah sekali didaftarkan orang lain dengan nama yang salah, akibatnya namaku tidak berada di tempat yang semestinya sehingga agak kesulitan saat mencarinya.

Sebenarnya berdasarkan struktur pembentuk kata dari bahasa aslinya, nama depanku tidak bisa disebutkan terpisah dari nama belakangnya, karena selain nama depanku adalah kata sifat yang menerangkan kata benda di nama belakangku, nama depanku juga mengandung suku kata yang sebenarnya merupakan bagian tak terpisahkan dari kata dalam nama belakangku. Tapi wong namanya di Indonesia, nama panggilan apapun jadilah, tanpa pernah dipikirkan apa arti asli sebenarnya dari nama tersebut.

Arti nama itu masih penting.

Komentar
  1. Ilham mengatakan:

    saya sendiri juga sering agak kurang puas dengan penulisan nama belakang saya. yang dimaksudkan adalah Abdillah, tapi terlanjur salah tulis di akte kelahiran menjadi Afdillah, akhirnya saya ngikut yang di akte. tapi orang lebih suka/sering menuliskannya Abdillah,seperti di bagde nama seragam sekolah dan sebagainya. kalo boleh tahu nama lengkapnya siapa/bagaimana tulisannya mas?😛

    • chuin5 mengatakan:

      Hehehe, memang nama yang kurang lazim pemakaian kata-katanya seperti ini yang sulit dipahami terutama bagi mereka yang kurang paham pembentuk kata namanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s