Mempertahankan Pilihan

Posted: 12 Januari 2012 in Pemikiran
Tag:, , ,

Pilihan hidupApa yang membuat seseorang mengalihkan konsentrasi dari sebuah pilihan yang telah dibuatnya, bosan dengan pilihannya, menyesal dengan pilihannya, ataukah ada pilihan lain yang lebih logis? Setiap orang harusnya menyadari, membuat suatu pilihan sudah melalui berbagai proses berpikir dan menimbang, sehingga keputusan yang muncul sudah pasti tidak perlu disangsikan lagi. Memilih memang tidak bisa lepas dari kehidupan setiap manusia. Banyak pilihan, banyak konsekuensi pula yang harus dihadapi.

Pilihan satu dengan yang lain bisa jadi mempunyai konsekuensi yang sama, hanya mungkin melewati proses yang berbeda. Sehingga perlu pemikiran lebih yang lebih menyempitkan kategori pertimbangan yang ada. Pada saat keputusan akhir telah diambil, pilihan mana yang akan dipilih, maka konsentrasi menjalani pilihan tersebut harus tetap terarah dan berada dalam jalur yang benar.

Satu hal lain yang juga dibutuhkan adalah keteguhan hati. Karena setiap pilihan akan ada tantangan dan rintangannya, maka di saat menghadapinya keteguhan hatilah yang akan berperan. Jika hati sudah goyah saat menghadapi hadangan berbagai rintangan dan tantangan, maka pasti akan jatuh di tengah perjalanan, tidak mampu lagi melanjutkan perjalanan menuju tujuan. Tapi jika keteguhan hati tetap ada dan konsisten, maka akan kuat menghadapi apapun yang ada di depannya. Dan mungkin tidak akan ada penyesalan jika dirasa pilihan yang telah dipilih itu malah memberikan banyak kesulitan baginya.

Memilih memang sesuatu yang berat, tapi menjalani pilihan juga tidak kalah beratnya pula. Dan akhirnya seseorang yang konsisten dan berpegang teguh pada pilihannya, dia akan mampu berjalan tegak sehingga mencapai tujuan pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s