Keterampilan Individu

Posted: 1 Januari 2012 in Pengalaman
Tag:,

Keterampilan seseorang bisa menjadi kebanggaan buat dirinya sendiri, asal kemudian kebanggaan itu tidak berlebihan sehingga menumbuhkan kesombongan dalam dirinya. Setiap orang mempunyai keterampilan dan kemampuan dalam bidang yang berbeda-beda sehingga setiap orang bisa mendukung yang lainnya, terutama dalam saling menutup kekurangan orang lain. Hal ini juga menjadi sebuah keunikan tersendiri dari masing-masing orang, sehingga setiap orang akan selalu saling membutuhkan satu sama lain.

Namun terkadang ada seseorang tidak percaya diri atas kemampuan yang dimilikinya. Entah dengan maksud merendah atau kurang yakin pada kemampuannya sendiri, seseorang bisa menyangkal bahwa dia memang ahli dalam bidang-bidang tertentu. Kemampuan memang seringnya bisa dilatih dan dikembangkan, bukan hanya sekedar bergantung pada minat dan bakat seseorang. Tapi juga tetap saja, bergantung juga kepada kemauan seseorang tersebut dalam melatih dan mengembangkannya. Sehingga kemampuan dan keterampilan tersebut akan mendukung setiap hal yang dijalaninya dalam hidupnya, bahkan yang lebih penting adalah mendukung dalam hal profesi di bidang yang dikuasainya berdasarkan keterampilan dan kemampuannya.

Aku sering merasa aku tidak mempunyai keterampilan yang cukup banyak. Meskipun banyak hal yang bisa dilakukan, tapi aku merasa tidak mempunyai kemampuan yang maksimal dan mumpuni. Meskipun terkadang aku terlihat seperti mampu dalam salah satu hal, tapi sebenarnya tidak seperti yang dilihat. Aku lebih bisa berkemampuan dalam hal visi, bukan dalam deskripsi, mengerjakan sesuatu berdasarkan penglihatan dan pengamatan sendiri, bukan berdasarkan cerita dan penggambaran orang lain. Maka, saat orang lain meminta bantuan atas sesuatu yang tidak bisa langsung aku lihat, aku hanya bisa bilang bahwa aku bukan ahli penerawangan yang menyelesaikan sesuatu dari jauh, tapi harus lewat tindakan langsung.

Namun demikian, aku juga punya keterampilan yang masih bisa aku banggakan. Aku sering berpikir entah menjadi apa aku bila aku tidak bekerja dalam bidang ini, dengan keterampilan ini. Seakan-akan hanya keterampilan ini yang aku punyai. Tapi sebenarnya banyak orang yang juga punya keterampilan yang sama dengan yang aku miliki saat ini, karena Allah tidak menciptakan sebuah keterampilan hanya untuk satu orang saja, tapi juga bisa diciptakan untuk banyak orang lain secara adil.

Tidak ada manusia yang sempurna, karena itu setiap manusia harus selalu bisa mencari orang lain yang bisa melengkapi ketidaksempurnaannya. Karena untuk hidup manusia tidak bisa hanya mengandalkan keterampilan yang dimilikinya sendiri untuk selamanya, tapi masih membutuhkan keterampilan orang lain untuk setidaknya membantu mengatasi keterbatasan keterampilan yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s