Grup Vokal

Posted: 23 Desember 2011 in Pemikiran
Tag:,

Girls' Generation SNSDGak nyangka ternyata jaman grup vokal kembali ngetrend akhir-akhir ini, dengan sedikit banyak dipengaruhi oleh KPop (setelah era ngetopnya musikal Mandarin dan JPop) yang lagi digandrungi di Indonesia. Padahal tadinya kiprah grup vokal hampir tidak terdengar santer sebelumnya, setelah lahirnya banyak grup vokal di akhir dekade 90an dan awal 2000an. Entah mengapa kemudian grup ini disebut boyband atau girlband, padahal mereka bukan band. Tentu saja jelas perbedaannya, sebuah band pasti memainkan alat musik mengiringi vokalnya, sedangkan grup vokal hanyalah kumpulan penyanyi tanpa alat musik, atau istilahnya minus one.

Grup vokal memang ngetrend di era 90an sampai 2000an, tapi jauh sebelum itu, di dekade tahun 80an sudah muncul pula grup-grup vokal, salah satu yang paling menonjol adalah New Kids on the Block (NKOTB). Seolah-olah grup ini mengawali era pasar grup vokal, menerobos di antara kepungan grup-grup band rock yang banyak muncul di masanya. Kemudian muncullah grup-grup vokal lain, yang kemudian memberikan warna musik pop dance pada musik dunia, seperti Take That, Backstreet Boys, ‘N Sync, dan sebagainya, meskipun ada pula grup vokal yang membawa aliran pop ballad atau juga pop gospel, beberapa di antaranya seperti All 4 One, Boys 2 Men, Boyzone, sampai era Westlife.

Dari jalur girl-nya, salah satu yang tersukses adalah Spice Girl, yang kemudian seperti di jalur boy-nya, diikuti oleh beberapa grup lain yang mencoba kesuksesan menghidupkan ‘girlband’. Ada juga beberapa grup vokal yang kemudian benar-benar menjadi band seperti The Moffats dan A1, dengan kualitas musikalitas yang lebih mentereng meskipun dengan aliran musik yang agak berbeda dengan kemunculan awal mereka.

Grup vokal yang memproduksi musik dan lagu mereka sendiri lebih menunjukkan kualitas mereka ketimbang grup vokal yang menyanyikan lagu ciptaan orang lain dan menyanyikannya secara minus one, secara grup vokal ini lebih menghayati musik yang mereka buat dan mereka bawakan. Karena secara klise bisa terlihat, meskipun sebuah grup vokal memiliki anggota lebih dari satu, namun kebanyakan mereka hanya memilih dua sampai tiga anggotanya saja sebagai lead vokalnya. Pembagian solo vokal yang merata jarang terlihat, meskipun grup seperti A1 ataupun 5ive punya pembagian suara untuk masing-masing personelnya. Salah satu lagu yang benar-benar ‘grup vokal punya’ adalah ‘Tonight’ yang dinyanyikan oleh NKOTB, di mana hampir sepanjang lagunya kelima anggotanya menyanyikan secara koor dan bersamaan. Hal inilah yang kemudian muncul di grup-grup vokal baru yang muncul akhir-akhir ini, memberikan porsi suara yang hampir sama untuk semua anggota grup meskipun terkadang terlihat agak memaksakan.

Bagaimanapun memang trend terkadang bisa terulang, meskipun pada kenyataannya mungkin di antaranya hanya merupakan grup plagiat atau meniru atau terinspirasi atau apalah namanya dari grup vokal lain, dari negara lain, yang kadang tidak cocok untuk pasaran musik Indonesia. Bagaimanapun pula, karya asli bangsa Indonesia masih terlihat lebih bagus dan lebih membanggakan daripada karya tiruan apapun. Kalaupun era grup vokal akan mulai bersinar kembali dan entah sampai kapan, hal itu bisa memperkaya kembali warna musik Indonesia yang sedang mendayu-dayu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s