Refleksi

Posted: 19 Desember 2011 in Pemikiran
Tag:,

Spion Cermin RefleksiSaat mengendarai mobil, ada sebuah kaca besar tembus pandang di hadapan kita. Dari sinilah kita melihat ke depan, ke arah yang kita tuju. Kaca ini selain merupakan sarana untuk melihat ke depan, juga melindungi kita dari berbagai benda yang mungkin tidak diinginkan untuk masuk ke mobil, seperti air hujan, sampah, debu, batu, dan sebagainya.

Kaca ini berbentuk begitu lebar sehingga dengan leluasa kita melihat ke depan. Tapi di samping kaca ini, ada lagi kaca kecil yang sebenarnya mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan kaca besar ini. Di sebelah kanan, kiri, dan atasnya, ada kaca bernama spion. Kaca ini tidak memperlihatkan pandangan depan kita, tapi menampakkan semua hal (kecuali titik buta) yang ada di belakang kita, yang sebelumnya juga telah kita lewati. Semua hal yang ada dalam tampilan kaca ini sebenarnya tidak nyata, dia hanyalah bentukan bayangan dari apa yang ada di depan jangkauan kaca ini, kemudian ditampilkan dalam penampakan yang mirip dengan aslinya, kecuali dalam keadaan terbalik.

Hidup itu bergerak, bergerak ke depan, bergerak untuk maju. Langkah untuk ke depan seluas mata kita memandang, tapi mana jalan yang dipilih adalah pilihan kita dengan berbagai resiko yang akan kita tanggung sendiri. Tidak akan ada jalan kembali yang bisa ditemui ke manapun pandangan kita mengarah. Pilihannya hanya terus ke depan, atau berhenti sebagai hal yang tidak berguna.

Tentunya kita telah menjalani masa lalu, masa yang hanya bisa diingat tanpa bisa diperbaiki lagi. Masa lalu yang tidak perlu dikenang berlebihan terlalu dalam, yang bisa mengganggu langkah kita ke depan. Masa lalu yang mungkin akan selalu diingat, tapi tidak akan kembali kepada kita. Refleksi, masa lalu menampilkan bayangan dari apa yang ada di dalam jangkauan ingatan kita, kemudian ditampilkan dalam penampakan yang mirip dengan aslinya, hanya saja berbentuk bayangan. Bayangan yang tidak bisa disentuh, hanya bisa dilihat dengan samar.

Kaca depan mobil selalu lebih besar daripada kaca spion, masa depan selalu lebih penting daripada masa lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s