Gedung Kesenian, Gedung Kenangan

Posted: 13 Desember 2011 in Pengalaman
Tag:,

Gedung KesenianSalah satu bangunan yang cukup terkenal dan populer di SMK Negeri 1 Kediri adalah sebuah gedung kecil yang berada di sebelah timur bengkel Mesin Produksi. Bangunan terkenal ini sering disebut dengan nama Gedung Kesenian. Sepintas dari namanya, orang luar pasti membayangkan sebuah gedung dengan alat-alat kesenian di dalamnya, dipenuhi oleh para siswa-siswa ‘seniman’. Tapi pasti pemikiran itu sirna dan menguap begitu aja saat melihat bangunan yang berukuran sekitar satu meter kali tiga meter ini.

Gedungnya kok sempit memanjang begitu? Ya begitulah, ruangan ini memang dirancang begitu, cukup buat beberapa orang saja secara bersama. Lalu apa kegunaan gedung kesenian ini kalo bukan untuk pertunjukan kesenian? Setiap siswa pasti tahu bahwa ini adalah gedung buat buang air kecil alias kencing alias buat ‘menyeni’ dengan air kencingnya.

Maklum, anak STM kan mayoritas laki-laki, jadi gedung kesenian ini cukup efektif dan efisien untuk digunakan para cowok. Bangunan ini tidak sepenuhnya tertutup, setidaknya ada bagian terbuka yang tidak tertutup atap. Memanjang arah utara – selatan, dengan dua pintu terbuka di kedua ujungnya, terkesan hampir mirip dengan tempat wudhu mushola. Bak air di pojok utara menambah kesan tersebut. Memanjang di dinding sebelah timur adalah pipa ledeng yang memiiki banyak lubang, sehingga saat kran dibuka air menyemprot melalui lubang tersebut menyembur ke arah tembok, dan secara otomatis menyiram air kencing yang juga ‘disemprotkan’ ke dinding tersebut.

Dengan mekanisme sederhana tersebut, tidak heran kalo gedung tersebut jadi tempat favorit pelarian para siswa yang udah kebelet, daripada ke kamar mandi yang letaknya agak jauh dengan ‘prosedur’ yang agak ribet juga. Tidak jarang terlihat barisan siswa menyalurkan ‘seni’nya bareng-bareng, sehingga muncullah kejadian ‘kencing masal’. Jiwa ‘seni’ tersalurkan, perasaan jadi lega.

Udah lama juga aku tidak mengunjungi sekolah itu, sehingga aku tidak tahu lagi bagaimana wujud gedung kesenian itu sekarang. Bangunan sederhana ini terkadang bisa bikin kangen para alumni sekolah. Bangunan ini masih sering dibicarakan saat kumpul-kumpul dengan teman-teman sekolah dulu. Entah bagaimana di sekolah lain, tapi yang jelas bangunan ini udah menjadi bangunan khas sekolahku, jadi kebanggaan dan bahan pembicaraan semua yang sedang dan pernah mengalami sekolah di kompleks sekolah ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s