Windows Apa Office?

Posted: 3 Desember 2011 in Komputer
Tag:,

‘Kalo dibuka pake Windows 2007 udah bisa kan Mas?’

Sejenak aku terpikir, kemudian baru tahu maksudnya adalah Office 2007, bukan Windows 2007. Itu adalah sepenggal pertanyaan seorang temanku yang kemarin OSnya aku perbaiki karena rusak dan banyak virusnya. Dan sekaligus mewakili bahwa ternyata masih banyak teman yang menyebut Office dengan sebutan Windows. Padahal beda banget, meskipun sama-sama produknya Microsoft tapi tentu saja fungsi dan kegunaannya sangat berbeda.

Microsoft Office 2007 adalah versi Office pertama dengan ekstensi default yang berbeda. Misalnya jika biasanya menyimpan dari Microsoft Word 2003 memakai ekstensi .doc, maka di versi 2007 ini memakai ekstensi .docx. Dan versi ini jika memakai ekstensi defaultnya tidak akan bisa dibuka dengan Office versi sebelumnya, bahkan jika ekstensinya diganti secara manual. Jika ingin bisa dibuka dengan Office versi lain maka dokumen harus di-save as dulu dan diganti format ekstensi filenya dengan versi yang lama. Kecuali jika dibuka dengan Open Office, tidak perlu diganti lagi karena kebanyakan Open Office bisa membuka segala dokumen dengan berbagai format yang terdukung.

Sebenarnya file default penyimpanannya bisa diganti dengan format biasa dengan versi sebelumnya. Hanya saja terkadang pengguna tidak bisa menggantinya, atau teknisi pemasang programnya terlalu malas untuk mengatur lebih lanjut lagi, sehingga para penggunanya pasrah saja dengan keadaan seperti itu. Cara penggantiannya ada di Option di setiap programnya. Misalnya di Microsoft Word 2007 ada di ‘Word Option’, ‘Save’, kemudian ganti input ‘Save files in this format’ yang terdefault dengan ‘Word Document (*.docx)’ dengan ‘Word 97 – 2003 Document (*.doc)’, dan masalah penyimpanan selanjutnya pun terselesaikan. Tanpa perlu memakai ‘Save as’ file udah bisa dipakai untuk Microsoft Word versi 1997 sampai 2003.

Memang sayangnya langkah ini tidak diajarkan dalam pendidikan formal maupun modul pada umumnya, sehingga bagi yang terpatok pada aplikasi tekstual tidak akan bisa menemukan cara-cara seperti ini. Cara ini bisa didapatkan dengan latihan, pengalaman dan keberanian dalam mengambil resiko kesalahan, dan lagi-lagi, tidak akan bisa dilaksanakan bagi yang tercetak untuk melaksanakan aplikasi secara tekstual. Tapi yang jelas, aku belum pernah dengar Windows yang versi 2007.

Iklan
Komentar
  1. odisumantri berkata:

    Nice Blog, Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s