Satu Bahasa, Beda Budaya

Posted: 2 Desember 2011 in Pemikiran
Tag:, ,

Punk in Love dan Jagad X Code, dua film dengan dominasi pemakaian bahasa Jawa namun beda kandungan budaya. Entah apa karena dalam Punk in Love komunitas punk dari Malang yang menjadi tokohnya, sedangkan dalam Jagad X Code menampilkan anak-anak muda lugu dari pesisir Kali Code di Jogja, tapi kesan yang terlihat jelas menampakkan ciri khas yang berbeda antara bahasa Jawa daerah timur dan dan daerah barat.

Bahasa Jawa daerah timur cenderung kasar, baik dari aksen, dialek maupun kata-katanya. Semakin ke arah barat, bahasanya semakin berubah agak lebih halus lagi. Sehingga bila ketemu orang Jawa bagian timur dengan bagian barat, akan terlihat jelas perbedaannya. Kebetulan daerahku ada di tengah-tengah, pertemuan antara kedua budaya yang berakar sama namun berbeda karakternya. Bila dirasakan saat ketemu dengan orang daerah yang lebih barat, daerah Nganjuk atau Madiun misalnya, bahasa daerahku terasa kalah halus dibandingkan dengan mereka.

Maka jangan ditanya lagi tingkat kehalusan bahasa Jawa khas Jogja, bahkan saat pembicaranya mengeluarkan kata-kata umpatan yang terdengar masih cukup halus oleh orang-orang daerah yang lebih timur. Apalagi dengan bahasa sehari-harinya wuih, bikin tensi tinggi jadi turun. Tapi kata teman-temanku dari daerah Malang, bahasa sehari-hariku itu terlalu halus bagi mereka. Ya maklum aja, seperti yang aku bilang tadi, mendengar bahasa percakapan teman-temanku dari Madiun aja aku cukup terkagum-kagum dengan penggunaan dan pemilihan kata-katanya, halus!

Secara umumnya percakapan sehari-hari masih bisa dimengerti di tiap daerah di Jawa, baik di Jawa Timur maupun di Jawa Tengah. Hanya saja memang ada beberapa istilah yang beda, bahkan satu kata bisa diartikan beda di tiap daerah. Tapi yang pasti, kedua film ini memang benar-benar mengangkat bahasa Jawa dari dua daerah dengan budaya dan adat yang berbeda dengan memadukan secara campuran penggunaan bahasa Indonesianya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s