Gara-Gara Jalan Pintas

Posted: 1 Desember 2011 in Pengalaman
Tag:,

Suatu ketika, dalam sebuah seminar bersama dokter spesialis kandungan, seperti biasa beberapa peserta meminta materi yang disajikan oleh pematerinya. Kemudian si dokter tadi menyalin filenya ke dalam masing-masing flashdisk pemintanya. Karena kebetulan aku duduk bersama pemateri tadi, udah pasti aku melihat bagaimana beliau memproses penyalinan tadi yang ternyata melalui proses yang keliru. Mau mengingatkan juga gak enak, apalagi mengingat beliau seorang terpelajar. Dan akhirnya yang aku perkirakan benar-benar terjadi, file-file yang disalin tidak bisa dibuka.

Shortcut, sering disalahartikan sebagai file itu sendiri. Bagi shortcut yang dilengkapi dengan icon udah pasti terlihat simbol shortcut itu di pojok kiri bawah icon, berupa tanda panah kecil. Apalagi kalo dilihat secara detail, pasti terlihat bahwa tipe filenya berupa shortcut. Tapi kebanyakan orang mengira bahwa file yang ada di menu start recent document memang di situlah letaknya, sehingga tanpa dilihat lagi file yang diinginkan dan baru dibuka langsung disalin dari situ. Padahal itu cuma shortcut, atau jalan pintas saja.

Lalu di mana letak file yang sebenarnya? Letaknya bisa dilihat dari shortcut itu juga, yaitu dengan mengklik kanan shortcut yang menandakan filenya, kemudian pilih Properties. Maka kemudian akan muncul sebuah form dengan tab Shortcut, yang kemudian di bawahnya akan muncul sebuah text box bercaption Target. Nah, di dalam text box itu letak dari file aslinya berada. Maka yang perlu dilakukan adalah menuju ke lokasi file tersebut melalui Windows Explorer dan menyalin dari lokasi asalnya.

Salah satu salah kaprah lainnya adalah membuat file yang berlokasi di Desktop. Selain akan memberatkan jalannya OS, file tersebut akan rentan hilang jika OS rusak (termasuk file-file yang ada di My Documents default OSnya berlokasi di drive partisi C:). Untuk mengantisipasi hal itu caranya sangat mudah, jangan sekalipun menyimpan file data dan dokumen di drive C:, atau dengan kata lain simpanlah file di partisi manapun kecuali C:.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s