Jadi Apa? (prok… prok… prok…)

Posted: 28 November 2011 in Pemikiran
Tag:,

Kadang teringat kembali sebuah pertanyaan garing dari teman-teman pas jaman masih SD dulu, ‘Kalo kamu hidup sendirian di dunia ini, bagaimana dan apa yang akan kamu lakukan?’ Ini sih sebenarnya bukan pertanyaan tebak-tebakan, tapi pertanyaan opini (yiaahhh, anak SD udah main opini-opinian). Seingatku aku sendiri gak pernah ditanyain kaya gini, tapi denger-denger aja dari teman-teman pas lagi ngobrol nyantai.

Pertanyaan seperti ini sebenarnya jawabannya masih bisa terbayang dan bisa mendadak dibayangkan tanpa direncanakan. Kalo aku bayangannya ya aku hidup sendirian telanjang berjalan di muka bumi, tidak ada tempat perlindungan, hujan kehujanan, panas kepanasan, kaki di kaki dan kepala di kepala, dan kemungkinan besar menjadi satu-satunya sasaran empuk saat petir dan badai melanda.

Yang sebenarnya aku pikirkan adalah sesuatu yang lebih tidak bisa dibayangkan dan di luar lingkaran pemikiranku sendiri, yaitu bagaimana jika aku sekarang ini tidak hidup di dunia ini, jadi apakah aku ini, jadi seonggok tanah tak bernilai yang setiap hari diinjak oleh manusia-manusia bumi, ataukah sudah menjadi benda lain yang lebih bermanfaat. Nyatanya aku sudah terbentuk seperti ini, punya jiwa dan nyawa yang melekat pada raga serta hidup di dunia ini dengan bahagia. Yang bisa dirasakan adalah betapa indahnya nikmat yang Allah berikan untukku dan syukur alhamdulillah aku masih bisa merasakannya.

Bayangan seperti ini sampai sekarang kadang masih terlintas. Kalo udah gitu, biasanya terus berpikir, kalo aku gak jadi seperti ini, di manakah jiwaku, apakah berbentuk jiwa, ataukah tak terbentuk. Ah, hal ini juga masih ada di luar batas lingkaran pemikiranku, di luar akal pikiran rasional. Yang pasti, tetap bersyukur aja dengan apa yang ada sekarang, inilah karunia dan rahmat Allah yang aku dapatkan.

Kira-kira teman-teman SDku masih ingat gak ya dengan pertanyaan tadi? Yah, namanya juga anak-anak, kelakuannya kekanak-kanakan, pertanyaannya garing, jawabannya udah pasti juga ngawur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s