Telortoar

Posted: 20 November 2011 in Pemikiran
Tag:,

Trotoar adalah tempat eksklusif bagi pejalan kaki. Memang fungsinya adalah dikhususkan untuk para pejalan kaki dalam menggunakan fasilitas jalan. Selain itu, trotoar juga berfungsi sebagai penutup gorong-gorong dan saluran air yang melewati pinggir jalan.

Sayangnya, kebanyakan trotoar masih terdapat di beberapa tempat saja, tidak semua jalan diiringi dengan adanya trotoar. Yang menyulitkan bagi pejalan kaki, terutama bagi jalan yang tidak ada ruang yang cukup bagi pejalan kaki, sehingga mereka terpaksa naik ke jalan raya untuk melewati jalan tadi. Cukup berbahaya bukan hanya bagi pejalan kaki yang bersangkutan, tapi juga bagi kendaraan-kendaraan yang lewat jalan itu, karena butuh perhatian ekstra selain menghadapi kendaraan lain juga menghadapi pejalan kaki.

Fungsi lain yang bergeser dari trotoar adalah tempat jualan. Sebagai contoh di lingkungan rumahku aja, di depan rumah dalam jangka jarak 50 meter ke arah utara ada empat lapak yang berjualan malam hari. Itu belum pas siang harinya, yang juga rame karena lingkungan rumahku adalah lingkungan sekolah, yang udah pasti banyak penjual yang berjualan di sekitar sekolah-sekolah tadi.

Sejak tahun lalu, beberapa titik trotoar di Kota Kediri dibongkar dan diperbaiki. Hal ini berguna untuk mengantisipasi melimpahnya air menggenang di jalanan. Apalagi curah hujan tahun kemarin juga sangat tinggi dan sering lebat, sehingga sangat berpotensi banyak tempat akan tergenang air saat hujan turun. Selain itu juga untuk mengganti trotoar yang rusak dan memperindah ulang trotoar, terutama di lingkungan pusat Kota Kediri, yang bisa menambah nilai estetika lingkungan itu sendiri.

Trotoar depan rumahku terbilang sangat awet, karena setahuku sejak aku kecil sampai sekarang jarang, bahkan belum pernah tau, trotoar depan rumah itu belum pernah dibongkar atau diperbaiki. Jadi tegel ubin yang ada di trotoar itu masih tetap itu-itu aja sejak dulu. Kalaupun ada penambahan biasanya dari pemilik rumah sendiri yang memberi penambahan atau terkait dengan perbaikan rumah mereka masing-masing.

Trotoar masih sangat diperlukan saat ini. Tentu saja ini adalah fasilitas eksklusif para pejalan kaki, yang sekarang sudah bukan lagi eksklusif. Tentunya diperlukan juga kesadaran dari semua pihak, kesadaran yang dimulai dari diri sendiri, yang semoga bisa menular kepada orang-orang di sekitar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s