Seberapa Perlunya Repost?

Posted: 17 November 2011 in Pemikiran
Tag:,

Repost, atau memposting kembali sejumlah informasi, mempunyai beberapa makna dan kandungan pemahaman yang berbeda. Dalam beberapa hal ada yang negatif, tapi ada juga yang mencerminkan positif. Repost berarti mengambil posting yang sudah jadi dan sudah terbit untuk kemudian diposting ulang oleh seseorang. Ada yang menyatakan bahwa repost adalah penjiplakan, tapi ada pula yang menyatakan repost adalah suatu bentuk berbagi.

Bila posting itu mengambil sepenuhnya dari posting asal, tanpa konfirmasi sumbernya langsung, atau tanpa ada link menuju ke postingan asalnya, atau tanpa mencantumkan sumber tulisannya, bisa jadi itu adalah bentuk gerakan penjiplakan. Apalagi kalo kemudian postingan itu diakui sebagai hasil karyanya sendiri, berarti mengarah ke pembajakan karya. Tapi jika sebaliknya, bisa jadi itu merupakan bentuk berbagi informasi tentang hal-hal yang perlu diketahui oleh orang lain.

Bisa jadi suatu karya atau postingan adalah karya yang penting dan menarik, tapi tidak begitu banyak yang tahu atau membaca karya tersebut. Atau posting tadi dirasa cukup menarik untuk disebarkan dan dibagi-bagi ke orang banyak yang kemungkinan tidak semua sudah baca atau lihat. Hal-hal semacam ini perlu diadakan repost, dengan catatan sumber karya dicantumkan, atau diberi tambahan link ke sumbernya, atau yang lebih bagus lagi konfirmasi ke pembuatnya langsung untuk diposting ulang. Bisa pula kemudian diadakan perubahan seperlunya untuk menyesuaikan postingan di tempat baru, tapi tetap tidak mengubah esensi utama postingan itu sendiri.

Dalam beberapa postinganku memang ada beberapa yang repost, yang kemudian aku beri tambahan keterangan atau link (kalo berasal dari situs lain). Tapi repotnya, kalo kemudian repost yang aku lakukan berasal dari sebuah sumber yang kurang jelas aslinya dari mana, tapi aku yakini kebenarannya dan menarik untuk kemudian dibagi ke orang lain, kadang keterangan yang ditambahkan jadi kurang jelas. Sehingga repost yang satu ini terkadang tidak aku beri tambahan keterangannya.

Repost yang juga perlu menyangkut informasi penting, semacam undangan, himbauan, atau pengumuman dan sejenisnya, yang emang perlu disiarkan ke kontak-kontak lain. Karena tidak semua orang yang mempunyai kontak yang sama, sehingga informasi dari satu blog bisa menyebar ke blog lain yang punya kontak berbeda.

Tapi sebaiknya perlu dihindari repost yang tidak perlu, atau menjiplak bahkan membajak. Berusaha menjaga orisinalitas suatu karya perlu dilakukan demi kelestarian pemikiran dan menjaga hak-hak orang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s