Hikmah dari Film

Posted: 12 November 2011 in Pemikiran
Tag:,

Mengambil hikmah dan pelajaran dari film adalah hal yang perlu. Bagiku, apapun film, pemain, latar belakang, ataupun ceritanya, kalo ada hikmah atau pelajaran yang baik yang bisa diambil, maka sebaiknya harus diambil dan dijadikan bahan perenungan bagi kehidupan nyata. Selain itu, hikmah dalam film akan menjadi nilai plus tersendiri dari film itu sendiri, yang akan membedakannya dengan sinetron-sinetron atau film-film kosong tanpa inti.

Banyak film yang sarat makna kehidupan yang bisa diambil pelajarannya. Ada pelajaran yang baik, namun banyak pula pelajaran yang jelek. Sebagai seorang yang sufi (suka film), maka harus mempertebal filter dalam menyaksikan sebuah film, dan terlebih lagi harus jaim (jaga iman), jangan sampai malah pelajaran yang buruk yang melekat di ingatan kita.

Bisa saja kemudian film itu begitu disukai, sehingga tokoh dalam film tersebut menjadi model peran dalam kehidupan. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah siapa dan bagaimana tokoh tersebut, apakah sesuai dan pantas untuk disukai, atau bahkan malah diidolakan. Kalo mungkin disukai saja, berarti mungkin kita bisa mengambil hal-hal yang positif darinya. Tapi kalo udah diidolakan, berarti menjadikannya panutan dalam kehidupan dan apapun yang ada jadi serba seperti tokoh tersebut.

Perlu diingat pula, semua film (meskipun diambil dari kisah nyata) adalah suatu cerita rekaan dan peragaan peristiwa, dan pemeran-pemerannya bukanlah tokoh aslinya. Mereka hanya berpura-pura berperan sebagai tokoh dalam film tersebut. Sehingga karakter yang dimainkan dalam film tidak lantas kemudian menjadi perwatakan dalam kehidupan keseharian pemeran tersebut. Jadi yang perlu diperhatikan adalah mengambil hikmah dan pelajarannya adalah nilai-nilai positif dari tokoh dalam film tersebut, bukan hanya dalam kenyataan si pemeran tadi.

Bagaimanapun, cerita seru dalam film tidak menjamin munculnya nilai-nilai positif yang bisa didapat. Sebagai contoh, aku begitu menyukai cerita dalam film trilogi Ocean’s, kecerdasan dan kecerdikan para tokoh-tokohnya, alur cerita dan adegan-adegan yang seru, tapi tak bisa dipisahkan bahwa mereka memainkan peran sebagai pencuri. Sehingga yang diambil bukanlah dari sisi pencurinya, tapi pelajaran bagaimana cara berpikir cerdas, cepat dan cerdik dalam segala situasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s