Deep Freeze

Posted: 9 November 2011 in Komputer
Tag:,

Bagi yang sering ngenet di warnet berbasis Windows, mungkin seringkali melihat logo bulat dengan gambar kepala beruang kutub di system tray, di bagian kanan bawah layar. Itu adalah logo yang menandakan bahwa komputer ini telah diinstal program Deep Freeze untuk mengunci partisi hardisknya. Program ini akan melindungi partisi dari perubahan yang terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Prinsip kerja Deep Freeze hampir sama dengan System Restore Windows ataupun Keylogger. Kalo Keylogger merekam semua pergerakan tombol keyboard, sedangkan System Restore akan merekam perubahan sistem Windows, maka Deep Freeze mencatat segala perubahan bukan saja pada sistem Windowsnya, tapi semua aktifitas termasuk penyimpanan dan penghapusan file dalam partisinya. Catatan perubahan itu akan direstore kembali saat komputer dishutdown, jadi saat komputer dinyalakan kembali perubahan yang tadinya terjadi sudah dikembalikan dengan program ini. Tidak ada perubahan dalam file, bahkan file yang ditambahkan ke dalam partisi pun hilang karena perlindungan Deep Freeze.

Makanya program ini dibutuhkan di warnet atau rental komputer berbasis Windows, selain untuk melindungi dari tangan-tangan jahil juga bisa melindungi dari virus yang menyerang sistemnya. Karena secara otomatis virus yang masuk akan tertolak kembali saat komputer dimatikan dan dihidupkan kembali. Proses penginstalannya pun sederhana, di awal proses partisi yang akan dikunci dipilih dulu, bisa semua atau satu-satu aja. Setelah itu tinggal menunggu prosesnya, yang jika sudah selesai maka komputer akan restart sendiri. Saat hidup kembali, program akan mengkonfirmasi apakah user ingin memberikan password untuk penguncinya. Jika ingin memberi password, pastikan yang mudah diingat.

Jadi jika ingin memproses file partisi yang sudah diproteksi, maka kunci harus dibuka dulu. Logo beruang kutub tadi diklik dua kali sambil mencet tombol shift sampai keluar kotak dialog yang mengharuskan user mengisikan passwordnya. Setelah itu baru muncul pilihan bootnya. Untuk membuka proteksinya maka dipilihlah Boot Thawed, sebaliknya untuk memberi proteksi dipilih Boot Freeze. Setelah selesai maka komputer harus direstart untuk memproses permintaan. Baru setelah itu proses file bisa dilaksanakan.

Tentunya masih saja ada kekurangan dengan sistem keamanan seperti ini. Beberapa pengalamanku menunjukkan ternyata partisi masih bisa diterobos virus. Terutama jika virusnya menyerang program Deep Freezenya sendiri, maka program akan rusak dan tidak bisa dibuka kuncinya, harus instal ulang atau repair Windowsnya. Atau kalo saat penginstalannya sistem Windows udah kena virus, maka Deep Freeze ikutan rusak dan proteksi akan berlangsung selamanya sampai Windows diinstal kembali.

Perlakuan programnya pun emang agak ribet karena memang prosedur pengamanannya seperti itu. Menginstal program baru harus membuka dulu kuncinya, restart, instal program, mengunci kembali, kemudian restart kembali. Tapi di balik kelemahannya ini, proteksi yang diberikan emang cukup terlihat bagus.

Biasanya sebelum menginstal Deep Freeze, aku selalu memastikan seluruh setting sistem dan program sudah berjalan sempurna, tidak ada virus di dalamnya, program antivirus terupdate juga udah terpasang, dan yang terpenting menentukan titik penyimpanan file setelah diberlakukannya Deep Freeze. Jika semua udah berjalan dan memenuhi persyaratan, maka Deep Freeze bisa diinstal (tentunya installernya juga jangan yang bervirus, karena jika kena virus program juga akan rusak dan merusak sistem). Dengan perlakuan yang normal terhadap sistemnya, Windows akan aman dan bertahan lebih lama dari file corrupt dan virus.

Menariknya, ada program lain untuk membuka freezenya, salah satunya adalah Undeep Freeze. Program ini untuk membuka kunci freeze tanpa mengisikan passwordnya. Prosesnya setelah menjalankan program ini akan sama dengan saat Deep Freeze normal membuka kunci atau menutup kembali, kecuali tanpa memberikan password. Malah juga bisa mengganti password asalnya dengan password baru, yang ini bermanfaat buat yang lupa passwordnya, selain itu juga bermanfaat untuk ngejahilin komputer yang difreeze.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s