Kemampuan Agilitas

Posted: 1 November 2011 in Pemikiran
Tag:,

Apa yang harus dikorbankan saat kita mengalami perubahan? Yaitu adalah kebiasaan. Kebiasaan lama yang harus bergeser bahkan harus diubah keseluruhan secara brutal atau perlahan. Itu yang dikenal dengan istilah adaptasi.

Bagi orang yang statis, kaku, tidak nyaman dengan perubahan, dan menyukai kemapanan, sedikit perubahan akan mengancam kenyamanan mereka. Padahal hidup harus terus berubah, tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan kemapanan mereka, yang telah dirasakan selama ini, agar kemapanan ini tidak bergeser dari genggaman mereka. Bahkan jika perubahan itu berguna untuk kemajuan mereka sendiri.

Dalam istilah pendaki gunung, ada tiga tipe jenis pendaki, yaitu quitter, camper, dan climber. Quitter bersifat sebagai individu yang berusaha sekeras mungkin menghindari kesulitan. Begitu sedikit kesulitan muncul, maka quitter akan menghindar, atau malah berbalik menjauh. Sedangkan camper adalah tipe orang yang cepat puas. Begitu meraih sesuatu, maka baginya itulah akhirnya. Tidak ada upaya untuk meningkatkan apa yang diraihnya ke arah yang lebih baik, karena dia berpikir dengan meraih ini sudah cukup, rintangan di depan bukan lagi masalahnya.

Sedangkan climber adalah individu yang tidak kenal lelah, pantang menyerah, dan selalu berpikir untuk maju. Rintangan dan tantangan bukan masalah baginya, selama kemauan dalam dirinya selalu mendorongnya untuk berbuat lebih dari apa yang dia raih sekarang. Tipe climber paham tujuan hidupnya dan menyukai tantangan. Sebenarnya ketiga tipe ini mempunyai potensi yang sama, tapi tingkat keberanian menghadapi tantangan yang berbeda.

Saat kesulitan bertambah, jumlah orang yang berkumpul akan semakin sedikit. Seiring dengan bertambahnya kesulitan, satu per satu tipe quitter dan camper akan segera meninggalkan climber. Padahal menghindari kesulitan sama dengan menghindari kehidupan. Jangan pernah mengukur tinggi gunung sebelum sampai ke puncak, diperlukan mental yang menyukai tantangan untuk mencapai puncaknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s