Baca Sampe Abis Dong!!!

Posted: 29 Oktober 2011 in Pemikiran
Tag:,

Kebanyakan kontakku di FB kurang suka membaca, terutama artikel dan bacaan panjang yang tampil di Beranda mereka. Mereka lebih suka facebooking, chatting, statusing, sampe mancing. Sehingga beberapa artikel yang tampil akan terlewat begitu saja tanpa terbaca secara lengkap.

Aku mengaitkan semua postingku di Multiply, Blogger dan WordPress ke dalam akunku. Itupun ditambah dengan beberapa tritku di Kaskus. Jadi sebagai pengguna pasif tanpa aku masuk ke FB pun, akunku udah terisi setiap kali aku buat posting di ketiga akun blogku itu. Menurut pengamatanku, tak banyak yang mau baca lengkap artikel-artikel tadi.

Kebanyakan dari mereka membaca sekilas yang tampil aja, tanpa mau masuk ke link ‘Lihat Kiriman Aslinya’. Dan terkadang, dari bacaan sekilas itu udah muncul komeng-komeng dari pengertian yang tidak lengkap, termasuk membubuhkan tanda ‘Suka’ tanpa ada tanggapan apapun. Padahal banyak bacaan yang menempatkan kesimpulan dan intinya di paragraf-paragraf akhirnya, sehingga di paragraf awal hanya merupakan pengantar dan paparan masalah.

Kalo dari awalnya aja udah dikomeng dan didebat, udah pasti mereka gak baca keseluruhannya. Masih ditambah ada lagi yang melihat sekilas udah kasih tanda ‘Suka’ gitu aja, itu sih lebih mending daripada yang gak ngasih sama sekali. Mungkin melihat judulnya udah cukup kali, sehingga gak perlu baca sampe akhir. Kaya yang aku alami kemarin, tritku dari Kaskus yang aku tautkan ke FB hanya terlihat judulnya saja di Beranda, itu aja udah ada komeng dari kontak yang tidak lihat bagaimana isinya.

Mudah-mudahan yang di sini nggak ya, soalnya di sini kan orang-orangnya suka nulis, jadi pasti suka baca juga. Kalo udah liat dan baca, gak komeng pun gak apa-apa, asal tidak menimbulkan pengertian yang terpotong dari sebuah bacaan sehingga mengurangi arti keseluruhan bacaan itu sendiri. Didebat boleh, asal udah dibaca keseluruhannya.

Iklan
Komentar
  1. Leli berkata:

    saya sudah membaca secara penuh artikel ini dan saya menyukainya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s