Pindad 2000

Posted: 14 Oktober 2011 in Pengetahuan
Tag:,

PT. Pindad adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Pada tahun 1808 didirikan sebuah bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama Artillerie Constructie Winkel (ACW), bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dan sesudah mengalami perubahan nama pengelola kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923.

Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkan pabrik tersebut kepada Pemerintah Indonesia, kemudian pabrik tersebut diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. PINDAD sekarang ini. Sejak saat itu PT. PINDAD berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer yang dikelola oleh Angkatan Darat. PT. PINDAD berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nama PT. PINDAD (Persero) pada tanggak 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989 perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Pakarya Industri (Persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero).

Tahun 2002 PT. BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak itu PT. PINDAD beralih status menjadi PT. PINDAD (Persero) yang langsung berada dibawah pembinaan Kementerian BUMN. PT Pindad telah sukses memproduksi berbagai senjata ringan yang sudah digunakan TNI dan Polri, kendaraan militer, mesin industri & jasa seperti lini produk air brake prods, peralatan kelautan, dan lain-lain.

Pada dasarnya PT. Pindad dibagi menjadi 2 tempat, yaitu berlokasi di Bandung, dan satunya di Malang. Yang di Bandung memproduksi senjata dan peralatan umumnya, sedangkan yang di Malang adalah divisi yang memproduksi amunisinya. Yang di Malang ini secara umum dibagi menjadi 2 tempat, satu tempat sebagai pabrik produksinya, sedangkan satu tempat lagi sebagai pabrik kimia dan mesiunya, yang pernah meledak beberapa tahun yang lalu.

Alhamdulillah, aku pernah melaksanakan praktek kerja lapangan di PT. Pindad Malang saat STM dulu, jadi aku juga sudah pernah merasakan bagaimana bekerja di tempat yang menyenangkan ini selama kurang lebih 2 bulan. Beberapa pengalaman bisa aku dapatkan, terutama kedisiplinan yang tidak pilih kasih untuk semua karyawan ataupun siswa prakteknya. Seperti yang pernah aku dengar dari berbagai sumber di sana, bahwa tahun sebelumnya beberapa orang siswa yang praktek di sana diberhentikan dari prakteknya dan mendapatkan sanksi tidak akan bisa diterima di instansi manapun selamanya, karena menyelundupkan beberapa barang produksi dari dalam pabrik untuk dibawa pulang. Sehingga hal tersebut memunculkan kehati-hatian dan kedisiplinan ekstra bagi siswa-siswa yang praktek di sana pada tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s