Rating Acara Televisi

Posted: 9 Oktober 2011 in Pengetahuan
Tag:,

Sejak 1992, Nielsen Media Research (NMR) melakukan pengukuran jumlah penonton tayangan televisi di Indonesia. Pengukuran share penonton televisi yang sekarang akrab dikenal sebagai rating, awalnya hanya dilakukan pada audiens televisi di Jakarta dan Surabaya. Kini penyebaran audiens yang dipantau melalui metode peoplemeter ini sudah menjangkau 9 kota utama di Indonesia, yaitu Greater Jakarta, Greater Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, Makasar, Greater Yogyakarta, Palembang, dan Denpasar yang mulai dipantau sejak Juli 2004.

Rating adalah persentase penonton suatu acara dibandingkan dengan total atau spesifik populasi pada waktu tertentu. Data riset NMR ini sangat berpengaruh bagi industri pertelevisian di tanah air, terutama bagi pemain-pemain industri hiburan. Pasalnya, sampai saat ini belum ada biro riset lainnya yang menampilkan data pembanding. Seringkali, kesuksesan sebuah acara diukur oleh tingginya rating yang berhasil diraih. Walaupun sebenarnya tidak demikian adanya. Seperti yang dikemukakan oleh NMR sendiri, bahwa teknologi peoplemeter tersebut hanya mengukur jumlah penonton yang sedang menonton paling tidak minimum 1 menit (atau 17 detik) tanpa mengukur preferensi (suka/tidak suka) maupun kualitasnya (baik/buruk) suatu program acara TV.

Iklan
Komentar
  1. mbojosouvenir berkata:

    rating memang diperlukan untuk mengetahui Acara mana yang berkualitas, layak di tonton untuk semua umur. Salam kenal, keep posting 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s