Cabe

Posted: 9 Oktober 2011 in Pengetahuan
Tag:,

Semua orang juga tau kalo rasa cabe itu pedas, soalnya rasa asin udah dipake sama garam. Terus apa yang membuat rasa cabe terasa pedas?

Ada zat di dalam cabe bernama capsaicin yang menjadi biang rasa pedas. Zat ini sedemikian kuat hingga hanya dalam jumlah sedikit telah memberi efek yang kuat.

Lalu bagaimana caranya hingga rasa pedas muncul? Pada indera perasa kita terdapat beberapa lapisan molekul penerima rasa sakit (pain sensor) yang bereaksi terhadap molekul capsaicin. Selain oleh capsaicin, penerima rasa sakit ini juga diaktifkan oleh panas, asam, dan berbagai reaksi kimia lainnya. Begitu capsaicin bersentuhan dengan penerima rasa sakit, maka sistem perasa kita bereaksi dan mengakibatkan rasa “pedas”. Selanjutnya tubuh bereaksi dengan meningkatkan metabolisme, sama seperti saat menghadapi serangan penyakit.

Bagaimana menghilangkan rasa pedas? Jangan menggunakan air, karena akan sia-sia. Molekul capsaicin sulit terlarut oleh air. Lebih baik menggunakan susu, karena susu dapat mengikat capsaicin, sehingga rasa pedas lebih cepat hilang, karena terikat pada susu yang mengalir ke lambung.

Yang pasti itu efektif untuk rasa pedas di mulut. Kalo mata yang pedas, jangan sekali-kali dikasih minum susu lo!!!

Kiriman Asli dari Blog Sendiri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s