Halangan dan Kehidupan

Posted: 3 Oktober 2011 in Pemikiran
Tag:,

Sabtu siang, 15 Mei 2010, di salah satu sisi lapangan di Stadion New Wembley, London, Didier Drogba meratap, mengeluh dan memaki, sambil memukuli tiang gawang Porsmouth. Tidak kurang dari 30 menit sebelumnya, berkali-kali aksi para pemain Chelsea tertahan oleh tiang dan mistar gawang yang dijaga oleh David James tersebut. Bahkan beberapa menit sebelumnya, Drogba sendiri yang mengalami bagaimana mistar gawang dengan dinginnya memantulkan bola yang ditembaknya sendiri. Seolah-olah gawang tersebut tidak rela bola memasuki daerah kediamannya.

Namun, setelah babak kedua dimulai, tiang gawang pulalah yang membantunya membuat gol ke gawang Porsmouth. Bola yang menerpa tiang kemudian memantul ke dalam gawang dan masuk! Chelsea pun menang dan menjadi juara Piala FA 2010, berkat satu-satunya gol Drogba tadi.

Peristiwa seperti itu mungkin sering terjadi dalam pertandingan sepakbola. Tapi bila dipikir secara lebih mendalam (asal mikirnya gak di sumur), terdapat filosofi terutama dari rangkaian peristiwa tadi. Bagaimana tiang dan mistar gawang yang sebelumnya menjadi penghalang justru menjadi bantuan di lain waktu. Dalam setiap halangan, rintangan, dan tantangan yang kita hadapi setiap kali di kehidupan kita ini, terkadang juga ada halangan yang menjadi penolong kita di saat kita membutuhkan. Pengalaman melewati setiap halangan juga menjadikan kekuatan bagi kita untuk terus melangkah dan siap untuk menghadapi halangan yang akan datang kembali.

Mengharap senang dalam berjuang bagai merindu rembulan di tengah siang. Hidup untuk berjuang, bukan hanya berjuang dalam arti Beras, Baju dan Uang, tapi berjuang dalam arti yang sebenar-benarnya. Pengalaman melewati halangan akan menguatkan kita. Meskipun sebenarnya, di antara laki-laki dan perempuan, dalam menghadapi rintangan dan halangan, perempuan akan lebih siap karena perempuan pasti udah sering kena halangan (minjem istilah konyolnya Mas Arif).

Belajar hidup dengan mengalami hidup itu sendiri. Karena seperti contoh Drogba di atas, keberuntungan yang menjadi sarana turunnya takdir Allah SWT untuk manusia bisa didapat setiap saat tanpa kita sangka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s