Free dan Gratis

Posted: 21 Agustus 2011 in Komputer
Tag:

Masih banyak orang yang mengasumsikan sama tentang software free dan software gratis, padahal kedua jenis software itu tidak selalu sama. Software memang terbagi menjadi beberapa jenis, proprietary, shareware, dan freeware. Nah, ketiga jenis software ini bisa menjadi software gratis, tapi tidak bisa menjadi software free.

Software free (freeware), atau sering disebut juga Free Open Source Software (FOSS), adalah software bebas dalam lisensi dan hak penggunaan. Kita bisa bebas menggunakan, mengedarkan, atau menginstal tanpa ikatan hukum, asal tidak melanggar hukum saja. Dalam hal ini, Linux adalah open source operating system, di mana kita bisa menggunakan, mendapatkan dan mengubah source codenya, mengedarkan, menginstal, tanpa kita harus membeli lisensinya.

Shareware lebih mengarah ke suatu software yang diujicobakan untuk umum dalam jangka waktu tertentu, yang kemudian kalau software aslinya tidak dibeli, maka masa berlaku pemakaiannya akan habis. Sedang proprietary, kita tidak bisa menggunakan tanpa membeli software tersebut.

Sedangkan software gratis adalah software yang kita mendapatkan tanpa keluar uang sama sekali, bisa jadi pinjam teman, minta teman yang udah punya, dan lain-lain asal tidak keluar uang.

Nah, di sinilah letak perbedaan software free dan gratis. Software free seperti OS Linux dan open source lainnya belum tentu gratis kalo untuk mendapatkannya kita harus beli. Contohnya nih, aku punya CD Ubuntu 8.04 yang aku beli seharga Rp10.000, atau DVD Ubuntu 8.10 Muslim Edition seharga Rp15.000, tapi untuk hak pakai dan lisensinya setara dengan Windows asli yang harganya lebih mahal. Contohnya lagi, open office yang secara otomatis udah terintegrasi saat menginstal linux, yang setara hak pakainya dengan MS Office yang harganya juga lebih mahal.

Nah, kalo Windows sama Officenya pinjem teman yang udah punya tanpa ngeluarin uang (manfaatin teman banget!), maka itu dikategorikan sebagai software gratis, kecuali temannya perhitungan sampai minta biaya sewa atas peminjaman software itu tadi.

Bacaan yang sama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s